Terusan
Panama (Panama Canal) adalah sebuah kanal besar yang terletak di Negara Panama,
Amerika Tengah.
Kanal Panama
atau yang lebih dikenal dengan nama Terusan Panama lebih jelasnya adalah sebuah
terusan yang membelah tanah genting Panama sepanjang 82 km, sekaligus juga
membelah daratan Amerika Utara dan Amerika Selatan dan dengan demikian berhasil
menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik.
Kanal Panama atau yang lebih dikenal dengan nama Terusan Panama
lebih jelasnya adalah sebuah terusan yang membelah tanah genting Panama sepanjang 82 km, sekaligus juga membelah daratan Amerika Utara dan Amerika
Selatan dan dengan demikian berhasil menghubungkan Samudra Pasifik dan
Atlantik.
Terusan ini sangat
membantu memangkas waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung
selatan benua Amerika. Sebagai
contoh, jika sebuah kapal laut berlayar dari New York (Pantai Timur AS) menuju
ke San Francisco (Pantai Barat AS) dan tidak melalui terusan ini maka jarak perjalanannya
menjadi 22.500 km (14.000 mil), sedangkan jika memanfaatkan terusan maka
jaraknya hanya menjadi 9.500 km (6.000 mil) saja.
Rencana
pembangunan terusan ini sudah mulai muncul di abad ke 16 namun baru berhasil
direalisasikan pada 15 Agustus 1914. Walaupun pembangunannya dilanda berbagai
masalah seperti penyakit malaria, demam kuning,
bencana tanah longsor, dan kekurangan air, terusan ini akhirnya berhasil
didirikan dan telah membantu ratusan ribu kapal menyeberang sejak pembukaannya
atau rata-rata 12.000 kapal per tahun.
Sejarah
Pembangunan.
Gagasan pembangunan Terusan Panama dicetuskan pertama kali
pada tahun 1524 oleh raja Spanyol saat itu yakni: Charles V.
Raja berpendapat jika tanah genting di Panama dibelah maka
akan meringankan perjalanan kapal-kapal kerajaan yang berlayar dari Ekuador ke
Peru ataupun sebaliknya. Tahun-tahun berikutnya sejumlah kerajaan lain di Eropa
juga mengemukakan gagasan yang sama namun
masih terbentur kendala teknologi dan sumber daya.
Pembangunan fisik terusan akhirnya baru berhasil dimulai
pada tanggal 1 Januari1880. Saat itu
Pemerintah Perancis yang terinspirasi dari kesuksesan insinyurnya, Ferdinand de
Lesseps, yang berhasil mendirikan Terusan Suez di benua Afrika (wilayah Mesir),
memutuskan memulai proyek maha sulit ini.]
Pembangunan terusan dipercayakan langsung pada de Lesseps.
Sayangnya,karena terkesan buru-buru dan tidak melakukan studi geologi dan hidrologi
yang memadai, proyek ini mulai banyak memakan korban jiwa dan dana. Wabah
malaria dan demam kuning merebak dan sejumlah besar pekerja terjangkit dan
bahkan meninggal dunia (tercatat sekitar 22.000 orang) sehingga proyek mulai
terbengkalai.
Peralatan yang terbuat dari besi dan baja mulai berkarat,
sebagian pekerja angkat tangan dan kembali kenegaranya. Melihat kondisi ini,
pemerintah Perancis pada tahun1893 memutuskan menghentikan sementara proyek
ini. Selanjutnya pada tahun 1898, Perancis melobi Amerika Serikat (AS) untuk
meneruskan proyeknya. Tahun 1902, Senat
AS menyetujui pengambil alihan proyek ini. Tahun 1904, presiden AS masa itu,
Theodore Roosevelt, memutuskan membeli sisa-sisa peralatan proyek dari Perancis
dan meneruskan pembangunan terusan. Namun, hal ini dilakukan AS setelah
berhasil memerdekakan Panama dari Kolombia.
Sebagai kompensasinya, Pemerintah Panama memberikan hak
pengelolaan terusan kepada AS. PembangunanTerusan Panama pun dilanjutkan kembali, kali ini
melalui persiapan matang dan penyediaan infrastruktur yang memadai, Presiden
Theodore Roosevelt menunjuk George Washington Goethals sebagai pimpinan proyek.
Peralatan lama sedikit demi sedikit mulai diganti dengan
peralatan baru yang lebih canggih. Tahun 1914, proyek Terusan Panama berhasil diselesaikan.
Dua tahun lebih cepat dari target yang ditetapkan yaitu pada 1 Juni 1916.
Terusan Panama akhirnya dibuka secara resmi pada 15 Agustus
1914 yang bertepatan dengan mulai berkecamuknya Perang Dunia I di Eropa dan
kapal laut pertama yang melintas adalah sebuah kapal kargo yang bernama, Ancon.
Pada 1930an, Terusan Panama disempurnakan dengan
diciptakannya danau-danau buatan sebagai penampung air yang dibuka jika ada
kapal yang akan lewat. Selain itu juga dibuat beberapa pintu air.
SetelahPerang Dunia II, rakyat Panama mulai menuntut hak
pengelolaan danselain itu memprotes kehadiran militer AS yang semakin hari
semakin bertambah banyak. Akhirnya pada 7 September 1977, Presiden AS, Jimmy Carter
dan Presiden Panama, Omar Torrijos menandatangani sebuah kesepakatan yang
mengizinkan Panama mengelola sendiri terusan itu namun tetap menjamin
netralitas kawasan (Neutrality Treaty) dan AS diizinkan untuk kembali kapan
saja. Akan tetapi, kesepakatan ini dikecam oleh sebagian besar rakyat AS.
Selanjutnya, pada 31 Desember 1999, pengelolaan terusan diserahkan sepenuhnya
ke Panama melalui Otoritas Terusan Panama/Panama Canal Authority (ACP).
Sebelum penyerahan ini, pemerintah Panama telah mengadakan
tender internasional untuk 25tahun kontrak pengoperasian pelabuhan kontainer
yang dimenangkan oleh perusahaan Hutchison Whampoa, sebuah perusahaan asal Hong
Kong yang dimiliki oleh taipan Li Ka Shing yang juga nantinya menanamkan
sahamnya di Facebook.
Cara Pengoperasian:
Berbeda dengan Terusan Suez, Terusan Panama mengandalkan
sejumlah pintu air dan beberapa danau buatan.
Dari Teluk Limon di Samudera Atlantik, ka!pal memasuki pintu
air Gatun Locks yang mengangkat kapal setinggi 26 meter dari permukaan laut.
Sejumlah lokomotif listrik kecil menuntun atau mendorong kapal melintasi
pintu-pintu air tersebut.
Kapal kecil mematikan mesin dan didorong, sedang kapal besar
dituntun tapi tetap bergerak dengan kekuatan sendiri. Pintu air raksasa dari
baja dibelakang kapal ditutup dan pintu air di depannya dibuka untukmengalirkan
air pelan-pelan dari Danau Gatun.
Ada tiga pintu air yang harus dilewati, yang akhirnya
menaikkan kapal sampai sejajar dengan permukaan danau.
Kapal kemudian melepaskan diri dari lokomotif listrik dan
berlayar melintasi danau buatan itu sejauh 22 mil atau 35 kilometer. Danau
buatan ini semula adalah lembah Sungai Chagres yang dibendung dengan membangun
dam raksasa Gatun. Sesampai di ujung tenggara Danau Gatun kapal memasuki lintasan
Gaillard (gill-yard) yang panjangnya 13 kilometer, lebar 150meter dan kedalaman
minimum 13 meter.
Di ujung lintasan Gaillard kapal kembali memasuki pintu air
yang juga dilengkapi lokomotif-lokomotif pendorong.
Pintu air pertama Pedro Miguel Locks menurunkan kapal 9 meter
ke permukaan danau Miraflores. Dari sini kapal kemudian berlayar melintasi
danau Miraflores sejauh 2 setengah kilometer ke pintu air Miraflores atau
Miraflores Locks. Disini dua pintu air menurunkan kapal sampai sejajar dengan
permukaan Samudera Pasifik. Dan dari sini kapalberlayar memasuki Teluk Panama
dan kemudian keluar ke Samudera Pasifik.
Diukur dari Teluk Limon di Samudera Atlantik ke Teluk Panama
di SamuderaPasifik terusan ini memiliki ! panjang sekitar 82 kilometer dengan
lamapelayaran sekitar 8 j! am. Rata -rata ada 12.000 kapal melintasi terusanini
setiap tahun, atau sekitar 33 kapal sehari. Tetapi karena sempit,terusan ini
tidak dapat dilewati kapal induk dan kapal tangki raksasa.Oleh karenanya
kapal-kapal yang bisa melintas di terusan Panama disebutkapal-kapal Panamaz.
Ongkos/tarif melewati terusan
Otoritas terusan menetapkan tarif untuk melintas Terusan
Panamaberdasarkan jenis kapal, ukuran, dan kargo apa yang dimuat dalam
kapal.Tahun 2007, Otoritas telah menetapkan tarif terbarunya dan kapal
DisneyCruise Line asal AS pada tahun 2008 mencatat rekor sebagai pembayartarif
termahal yaitu sejumlah USD 331.200.(2.9 Milyar Rupiah).
Tantangan ke Depan
TerusanPanama menghadapi sejumlah persaingan sengit dari misalnya jawatankereta
api inter-samudra yang melintasi Amerika Serikat! dan Meksiko,serta rencana
negara tetangga Nikaragua untuk juga membangun terusan.Melihat tantangan ini
Pemerintah Panama pada tahun 2006 lalu menggelarreferendum untuk memperluas
terusan. Untungnya referendum ini disetujuioleh sekitar 80% rakyat Panama.
Secara kongkrit, perluasan terusanPanama akan dibarengi dengan pembangunan dua
pintu air ekstra lebar,yaitu pada awal dan akhir terusan.
Terusan Panama juga
akan diperluasdan diperdalam di beberapa tempat. Proyek ini akan makan waktu
palingsedikit delapan tahun dan biayanya mencapai lebih dari USD 5
milyar.Panama sendiri akan menyalurkan sekitar separuh ongkosnya yang bisajadi
diambil dari kantong Otoritas Terusan Panama yang tahun 2007tercatat meraup
pendapatan sekitar USD 1,76 miliar. Sisanya diambildari pinjaman-pinjaman
internasional.
---oo0oo---
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !